Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gapmmi perkirakan kenaikan omzet 10% di 2011

Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4 /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable{mso-style-name:"Table Normal";mso-tstyle-rowband-size:0;mso-tstyle-colband-size:0;mso-style-noshow:yes;mso-style-priority:99;mso-style-qformat:yes;mso-style-parent:"";mso-padding-alt:0in

Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4 /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable{mso-style-name:"Table Normal";mso-tstyle-rowband-size:0;mso-tstyle-colband-size:0;mso-style-noshow:yes;mso-style-priority:99;mso-style-qformat:yes;mso-style-parent:"";mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;mso-para-margin:0in;mso-para-margin-bottom:.0001pt;mso-pagination:widow-orphan;font-size:11.0pt;font-family:"Calibri","sans-serif";mso-ascii-font-family:Calibri;mso-ascii-theme-font:minor-latin;mso-fareast-font-family:"Times New Roman";mso-fareast-theme-font:minor-fareast;mso-hansi-font-family:Calibri;mso-hansi-theme-font:minor-latin;mso-bidi-font-family:"Times New Roman";mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

10 Desember 2010

Oleh Linda T. Silitonga

Gapmmi perkirakan kenaikan omzet 10% di 2011

JAKARTA:Industri makanan dan minuman memprediksi tidak akan terjadi peningkatan omzet yang melebihi tahun ini pada 2011, menyusul pemerintah yang menetapkan kebijakan pembatasan penggunaan BBM bersubsidi pada kendaraan pelat hitam serta kemungkinan kembali terjadi peningkatan tarif dasar listrk (TDL).

Sekjen Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia Franky Sibarani mengatakan Gapmmi hanya memprediksi terjadi peningkatan 9%-10% omzet makanan dan minuman pada 2011, menyusul sejumlah kebijakan yang akan diterapkan pemerintah pada tahun depan yang diperkirakan akan memengaruhi daya beli masyarakat.

"Kami memprediksi hanya akan terjadi peningkatan omzet sebesar 9%-10% pada 2011," kata Franky ketika dihubungi lewat telepon gengamnya hari ini.

Franky mengatakan sokongan pertumbuhan omzet makanan dan minuman tersebut akan lebih didorong terutama oleh peningkatan penjualan di sektor ritel modern, dibandingkan pasar tradisional. Mengingat konsumen yang berbelanja di toko modern kebanyakan adalah kelas menengah atas.

Menurutnya, prediksi pertumbuhan yang diperkirakan Gapmmi di 2011 tidak bergeser dari perkiraan peningkatan omzet makanan dan minuman pada tahun ini, yang diperkirakan akan berkisar pada angka 9%-10%.

"Pertimbangannya kami lihat kebijakan pemerintah [pada tahun 2011,]," kata Franky.

Adapun dua kebiijakan pemerintah yang diperkirakan akan menahan laju pertumbuhan penjualan tahun depan, pertama, pembatasan penggunaan BBM bersubsidi pada 2011,Pemerintah berencana menerapkan pembatasan BBM bersubsidi untuk semua kendaraan pelat hitam.

Kedua, adanya faktor kemungkinan terjadinya peningatan TDL. Mengigat selama ini komponen listrik memengaruhi pola belanja konsumen. Saat listrik baru mengalami peningkatan, bisanya konsumen menyesuaikannya dengan menahan belanja di luar kebutuhan pokok.

Sementara itu Nielsen Indonesia sebelumnya memerkirakan bisnis ritel pada 2011 akan tumbuh 13%-15% dengan peningkatan penjualan signifikan pada produk perawatan tubuh (personal care) dan makanan.

Nielsen memprediksi sampai dengan akhir tahun ini industri ritel dipastikan dapat bertumbuh 12%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin-nonaktif
Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper