Pembangunan pengolah sampah di Cacing mulai 2012

JAKARTA: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan pembangunan tempat pembuangan sampah berteknologi tinggi atau Intermediate Treatment Facility Cakung Cilincing (ITF Cacing) akan di mulai pada awal 2012.
Yanto Rachmat Iskandar
Yanto Rachmat Iskandar - Bisnis.com 09 Desember 2010  |  10:07 WIB

JAKARTA: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan pembangunan tempat pembuangan sampah berteknologi tinggi atau Intermediate Treatment Facility Cakung Cilincing (ITF Cacing) akan di mulai pada awal 2012.

Untuk itu Dinas Kebersihan Provinsi DKI Jakarta akan segera membuka lelang pembangunan ITF Cacing pada awal 2011 yang diperkirakan akan memakan waktu selama setahun sebelum akhirnya proses pembangunan di mulai.Pelaksanaan akan dipercepat lantaran prosesnya bisa memakan waktu sekitar satu tahun. Jika bisa tepat waktu dijalankan, awal 2012 pembangunan bisa dimulai, ujar Kepala Dinas Kebersihan Provinsi DKI Jakarta Eko Bharuna saat diwawancara di Jakarta, hari ini.Menurut Eko pembangunan ITF Cacing ini menjadi prioritas pembangunan unit pengolahan sampah jika dibandingkan du ITF dalam kota lainnya yuaitu ITF Marunda dan ITF Sunter, mengingat kapasitas volume sampah yang lebih besar jika dibandingkan dengan dua ITF lain.ITF Cacing saat ini mengolah 300 ton, nantinya bisa mengolah 1.300 ton, ujar Eko.Sejak dimulainya pembukaan lelang, pihak pengaju tender harus mempersiapkan detail amdal, desain engineering, dan detail kebutuhan lelang lainnya. Eko mengatakan pihaknya memberi waktu setahun lama persiapan lelang.Para pengaju lelang diharapkan mampu membangun infrastruktur teknologi pengolahan sampah yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan tempat pembuangan sampah terakhir (TPST) Bantar Gebang, mengingat lahan ITF Cacing yang lebih sempit.Hanya 7 hektare, dan itu seperti yang ada di Singapura. Konsekuensinya, tipping fee yang harusdibayarkan juga lebih tinggi sekitar US$20 atau sekitar Rp180.000 dengan kurs Rp9.000, ujar Eko. (mrp)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top