Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Medco temukan minyak & gas di Libia

JAKARTA: PT Medco Energi Internasional Tbk mendapatkan temuan minyak dan gas ke 16 dan 17 di Libia.

JAKARTA: PT Medco Energi Internasional Tbk mendapatkan temuan minyak dan gas ke 16 dan 17 di Libia.

Dari sumur P1-47/02 formasi Memouniat diperoleh minyak dan gas dengan aliran masing-masing 94 barel per hari dan 3,34 juta kaki kubik per hari (MMscfd).

Pada sumur yang sama, dari formasi Lower Acacus perusahaan memperoleh temuah minyak dan gas masing-masing 218 bph dan 7,83 MMscfd.

Adapun, dari sumur D1-47/04 formasi Memouniat mengalirkan minyak dan gas masing-masing 1.385 bph dan 2,85 MMdcfd. Formasi Lower Acacus pada sumur tersebut mengalirkan 560 bph dan 0,12 MMscfd."Sumur temuan ke 16 dan 17 tersebut telah disetujui oleh National Oil Corporation (NOC) Libia pada 7 Desember, kata Direktur Proyek Medco Energi Lukman Mahfoedz hari ini.Sumur P1-47/02 terletak sekitar 200 km Barat Daya kota Tripoli, Libia, sedangkan D1-47/04 terletak sekitar 180 km Barat Daya kota Tripoli. Pada sumur-sumur tersebut mengalirkan minyak dan gas melalui penjepit 28/64 inci.Dengan perkembangan terbaru ini, kami optimistis terhadap rencana produksi awal dari Area 47 bisa dilakukan pada kuartal pertama 2014. MedcoEnergi mulai melaksanakan program pemboran setelah memperoleh kompensasi masa eksplorasi Area 47 untuk jangka waktu 1 tahun dari Great Socialist People Libyan Arab Jamahiriya General Peoples Committee (GPC) yang berlaku efektif sejak tanggal 1 April 2010. Program kerja 2010, termasuk penyelesaian tiga sumur eksplorasi, dan penyelesaian dan pengetesan tiga sumur yang telah dibor sebelumnya, seluruhnya menemukan hidrokarbon pada formasi Memouniat dan atau Lower Acacus.Hingga saat ini, tuturnya, total biaya yang telah dikeluarkan hampir mencapai US$400 juta. Untuk tahun ini, dari 21 sumur eksplorasi yang dilakukan, 17 di antaranya dinyatakan sebagai sumur temuan, atau tingkat pencapaian sukses lebih dari 80%.Saat ini, Medco Energi yang operasinya dilakukan oleh anak perusahaannya, Medco International Ventures Ltd masih menunggu pernyataan komersial dari NOC Libia untuk penemuan-penemuan yang berhasil dilakukan sebelum 2010.Penemuan-penemuan tahun ini membuka jalan bagi MedcoEnergi untuk dalam waktu dekat meminta komersialisai lanjutan bagi tambahan cadangan yang ditemukan, ujar Mahfoedz.Sejak dimulainya kegiatan program eksplorasi di kontrak Area 47 pada Maret 2005 sampai dengan Desember 2010, Medco Energi dan mitranya telah melakukan survei seismik 3D seluas 1.704 kilometer persegi dan sepanjang 3.908 kilometer seismik 2D dan pemboran sebanyak 21 sumur eksplorasi dan 4 sumur appraisal.(yn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper