Cathay jalin code share dengan LAN

JAKARTA: Maskapai penerbangan yang berpusat di Bandara Internasional Hong Kong, Cathay Pacific Airways, mengumumkan perjanjian code share (kerja sama mengangkut penumpang) dengan LAN Peru yang akan menambahkan Lima, ibukota Peru dalam jaringannya.Menurut
News Editor | 08 Desember 2010 09:53 WIB

JAKARTA: Maskapai penerbangan yang berpusat di Bandara Internasional Hong Kong, Cathay Pacific Airways, mengumumkan perjanjian code share (kerja sama mengangkut penumpang) dengan LAN Peru yang akan menambahkan Lima, ibukota Peru dalam jaringannya.

Menurut Chief Executive Cathay Pacific Tony Tyler, hal itu bukan pertama kalinya Cathay memasuki pasar Amerika Latin.

Sebelumnya, kata dia, Cathay sudah pernah melakukan code-share dengan induk perusahaan LAN Peru, yaitu LAN Airlines.

Kami yakin pengaturan baru ini akan lebih meningkatkan hubungan bisnis dan pariwisata antara kawasan Amerika Latin dan Asia, ujarnya dalam release yang diterima Bisnis sore ini.

Menurut siaran pers itu, dalam kerja sama code share itu penerbangan LAN Peru antara Lima dan dua kota pintu gerbang Cathay di Amerika Utara menggunakan kode penerbangan CX (milik Cathay Pacific). Sebaliknya, kode penerbangan LA milik LAN akan ditempatkan pada layanan Cathay antara Hong Kong dan dua pintu gerbang di Amerika Serikat.

Menurut Chief Executive Officer LAN Armando Valdivieso, code share pertama dengan Cathay dilakukan pada Mei 2010 untuk mengoperasikan penerbangan antara Santiago, Chile, dan Hong Kong melalui penerbangan sambungan dari Los Angeles (AS), New York (AS), dan Auckland (Selandia Baru).

Sekarang dengan kesepakatan antara LAN Peru dan Cathay, kami berharap dapat secara substansial meningkatkan posisi kompetitif kami di pasar Amerika Latin, tuturnya.

Lima akan menjadi tujuan keempat di wilayah Amerika Latin yang akan ditambahkan pada jaringan Cathay di tahun 2010. Code-share ini akan mulai berlaku sejak keberangkatan pertama dari Peru pada 13 Desember, tergantung pada persetujuan pemerintah. (18/sut)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top