Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelaku bisnis Jogja berharap wisata bangkit

YOGYAKARTA: Kalangan perhotelan dan restoran di Jogjakarta mengharapkan tetap bisa menjaring tamu dan menikmati panen turis pada liburan akhir tahun."Paskaerupsi Merapi dan penutupan bandara Adi Sutjipto kunjungan wisatawan nusantara [wisnus] maupun

YOGYAKARTA: Kalangan perhotelan dan restoran di Jogjakarta mengharapkan tetap bisa menjaring tamu dan menikmati panen turis pada liburan akhir tahun."Paskaerupsi Merapi dan penutupan bandara Adi Sutjipto kunjungan wisatawan nusantara [wisnus] maupun manca negara turun 50%. Tingkat hunian hotel juga anjlok dari 70% tinggal 20%," kata Djulkarnain, Ketua Jogja Tourism Forum, hari ini.Menurut dia, tiga bulan sebelum akhir tahun industri wisata biasanya sudah mengalami peningkatan okupansi hotel maupun tamu restoran.Namun kini semua industri termasuk jasa bus wisata, rental mobil hingga pedagang kecil cukup menderita karena anjloknya kunjungan.

Syahrial Lubis, Director of Sales Hotel Hyatt Regency Jogja, mengatakan selama penutupan bandara praktis tamu hotelnya hanya dari kalangan LSM/NGO dari dalam dan luar negri."Kamar yang terisi 20 unit dari 200-an kamar yang ada karena hotel kami membidik pasar corporate dan Meeting, incenteve, conference & Exhibition (MICE). Sekarang okupansi bergerak naik," tandasnya.Selama ini, ujarnya, tamu yang menginap 70% adalah wisnus dan 30%dari mancanegara terutama Eropa dari Belanda dan Perancis. Mereka datang hanya optional tour semalam di Jogja dan kembali ke Bali. Untuk memulihkan kunjungan wisatawan ke Jogja, pihaknya bersama hotel bintang lima lainnya dan tawarkan tarif recovery promo diskon sebanyak 30%."Untuk akhir tahun kami tawarkan harga promo Rp888.000 dari harga normal Rp1,2 juta/malam yang dijual hingga Natal mendatang," katanya. (Ln)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper