Garuda minati rute Jakarta-Istanbul

JAKARTA: Garuda Indonesia diketahui berminat melayani rute penerbangan Jakarta-Istanbul (Turki), via Jeddah (Arab Saudi) atau Singapura.
Febriany Dian Aritya Putri
Febriany Dian Aritya Putri - Bisnis.com 05 Desember 2010  |  09:12 WIB

JAKARTA: Garuda Indonesia diketahui berminat melayani rute penerbangan Jakarta-Istanbul (Turki), via Jeddah (Arab Saudi) atau Singapura.

Dirjen Perhubungan Udara Herry Bakti Singayuda Gumay mengatakan minat Garuda itu terungkap saat berlangsungnya pertemuan negara-negara D-8, beberapa waktu lalu di Turki."Garuda ingin terbang ke Istanbul, lewat Jeddah atau Singapura. Belum diputuskan, baru penjajakan awal. Pasar penerbangan ke Turki cukup bagus, apalagi kalau lewat Jeddah karena bisa merupakan satu paket perjalanan rohani," jelasnya hari ini.Dia menuturkan saat ini konektivitas udara antara Indonesia-Turki baru diselenggarakan oleh Turkis Airlines, yang mengoperasikan rute penerbangan dari Jakarta ke sejumlah kota di negara yang beribu kota Ankara itu."Baru Turkish Airlines yang terbang, jadi kapasitas kursi atau frekwensi penerbangan yang tercantum dalam perjanjian udara kedua negara masih bisa digunakan oleh maskapai lain," jelasnya.Menurut dia, sejumlah perusahaan swasta asal Turki juga berminat untuk berinvestasi di pembangunan bandara di Indonesia, ataupun menjadi operator pelabuhan udara yang sudah beroperasi."Dari Indonesia itu yang ikut ke Turki adalah PT Angkasa Pura I dan II, lalu PT Garuda Maintenance Facilities AeroAsia. Perusahaan swasta asal Turki ada yang meminati menjadi operator bandara," papar Herry. (tw)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top