Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN Geothermal eksplorasi sumur PLTP Maluku

JAKARTA: PT Perusahaan Listrik Negara Geothermal, anak perusahaan PT PLN (Persero), hari ini memulai pemboran eksplorasi sumur TLU # 1 dilokasi wilayah kerja Pembangkit Listrik Panas Bumi (PLTP) Tulehu, Maluku, yang berkapasitas 2x10 MW.Direktur Utama

JAKARTA: PT Perusahaan Listrik Negara Geothermal, anak perusahaan PT PLN (Persero), hari ini memulai pemboran eksplorasi sumur TLU # 1 dilokasi wilayah kerja Pembangkit Listrik Panas Bumi (PLTP) Tulehu, Maluku, yang berkapasitas 2x10 MW.Direktur Utama PT PLN Geothermal Tjahjo Sasmojo berharap hasil dari pemboran ini bisa menggerakan PLTP Tulehu 2X10 MW yang target operasi diharapkan berjalan mulai 2014.Ini adalah proyek pertama PLN Geothermal di Maluku. Bukti ke pemerintah bahwa PLN dukung energi terbarukan. Project ini bisa operasi komersial 2014, ujar Tjahjo dalam rilisnya hari ini.Untuk proyek ini, PLN Geothermal mendapat pinjaman lunak sebesar US$80 juta dari Japan International Coorporation Agency (JICA). Total investasi dari PLTP Maluku 2x10 MW sebesar US$86 juta dengan masa operasi 30 tahun. Pendanaan eksplorasi saat ini oleh PLN. Untuk eksplorasi dihabiskan sekitar US$8 juta. Soft loan akan di teken dengan JICA Maret tahun depan.Tjahjo menjelaskan pada tahap pertama pihaknya hanya mengebor satu sumur. PLN melakukan eksplorasi dengan cadangan terbukti 40 MW. Untuk tahun depan pemboran akan dilakukan pada 2 sumur dengan biaya dari JICA. Dengan beroperasinya PLTP Tulehu nanti, lanjut dia, PLN bisa mengganti peran bahan bakar solar dan menghemat Rp250 miliar.PLN Geothermal memiliki wilayah kerja panas bumi di Tulehu, pada 1993 dan dilakukan eksplorasi awal tahun 1994. PLN Geothermal melakukan studi ulang pada 2009 atas wilayah kerja panas bumi ini dan memutuskan melakukan pemboran eksplorasi Desember 2010.Tjahjo menjelaskan PLN Geothermal saat ini memiliki wilayah kerja lain di Mataloko, Flores, dan Nusa Tenggara Barat. Pihaknya juga berencana mengembangkan potensi bisnis lainnya seperti siap terlibat pada jasa operasi pemeliharaan Pembangkit Listrik Panas Bumi di Lahendong, Sulawesi Utara.Kami juga kejar pengembangan image dan best pratice pemeliharaan mesin pembangkit. Kami kembangkan jasa ini. Kami dekati pasar di luar PLN,"ujarnya. (tw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper